RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah/Madrasah :
MtsN Ahmad Dahlan Taluk Kuantan
Mata
Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas
/ Semester : IX /
3
Materi
Pokok : التراكب
Tema
: فعل المضارع
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi
waktu :
1 x 30m
A. Kompetensi
Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
B. Kompetensi
Dasar
- Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
- Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
- Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
- Mengidentifikasi bunyi kata, lafal dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan fi’il mudhari’.
C. Indikator Pembelajaran
· Mengidentifikasi perbedaan kata
kerja yang menunjukkan masa sekarang dalam bahasa inggris, indonesia dan arab.
·
Mengidentifikasi ciri-cirinya/
tanda-tandanya.
·
Mengidentifikasi tanda-tanda
fi’il mudhari’ dalam bahasa arab.
·
Mengidentifikasi wazan fiil
mudhari’.
·
Melafalkan tashrif fi’il mudhari’
tsulasi mujarrad
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat melafalkan secara lancar tashrif
fi’il mudhari’ tsulasi mujarrad
E. Materi
pembelajaran
فعل المضارع
F. Metode
pembelajaran :
Pendekatan: scientific
Metode: ceramah
G. Langkah-lagkah
pembelajaran :
Tahapan Belajar
|
Deskripsi Kegiatan Guru Dan Siswa
|
Pendahuluan
( 5 menit
|
Kegiatan guru
:
Siswa dengan
khidmat dan santun :
|
Kegiatan Inti
(20 menit)
|
Memahami
dengan teliti :
Menanya
dengan santun
Menalar
dengan terampil
Mengkominukasikan
dengan percaya diri dan tanggung jawab
|
Penutup
(5 menit)
|
|
H. Media
pembelajaran : Slide Power point, Papan
tulis, laptop
I. Alat
dan Sumber belajar : Buku Materi, Kamus, Spidol, dan
referensi lain yang mendukung / relevan dengan materi
J. Penilaian
pembelajaran :
Penilain
dialakukan secara terintegrasi dalam pembelajaran. Aspek yang dinilai:
- ketepatan dalam melafalkan tashrif fi'il mudhari'
3
Ciputat, 24
September 2014
mengetahui
Guru pamong Mahasiswa praktikan
Ubaid Ridlo, MA Muhaimin
Ade candra
فعل المضارع
Fi’il Mudhori’ – Kata kerja bentuk sedang atau
akan:
Kata
kerja menunjukkan kejadian sesuatu pada saat berbicara atau setelahnya, pantas
digunakan untuk kejadian saat berlangsung atau akan berlangsung.
Ciri-ciri
Kalimah Fi’il Mudhari’ adalah dimulai dengan huruf Mudhoro’ah yang empat yaitu أ – ن – ي – ت
disingkat menjadi أنيت.
Huruf
Mudhara’ah Hamzah dipakai untuk Mutakallim/pembicara/orang pertama tunggal/Aku.
contoh
أضرب
ADHRIBU = aku
akan memukul
Huruf
Mudhara’ah Nun dipakai untuk Mutakallim Ma’al Ghair/pembicara/orang pertama
jamak/Kami. contoh
نــضرب
NADHRIBU = kami
akan memukul
Huruf
Mudhara’ah Ya’ dipakai untuk Ghaib Mudzakkar/orang ketiga male, tunggal, dual
atau jamak/dia atau mereka. contoh
يــضرب
YADHRIBU = dia
(pr) akan memukul
يــضربان
YADHRIBAANI =
dia berdua (lk-pr) akan memukul
يــضربون
YADHRIBUUNA =
mereka (lk) akan memukul
يــضربن
YADHRIBNA =
mereka (pr) akan memukul
Huruf
Mudhara’ah Ta’ dipakai untuk Mukhatab secara Mutlaq/orang kedua male atau
female, juga dipakai untuk orang ketiga female tunggal dan dual. contoh
تــضرب
TADHRIBU = kamu
(lk)/dia (pr) akan memukul
تــضربا
TADHRIBAA =
kamu berdua (lk-pr)/dia berdua (pr) akan memukul
تــضربون
TADHRIBUUNA =
kamu sekalian (lk) akan memukul
تــضربين
TADHRIBIINA =
kamu (pr) akan memukul
تــضربن
TADHRIBNA =
kamu sekalian (pr) akan memukul
غائب
|
مخاطب
|
متكلم
|
هو
بضرب
هما
يضربان
هم
يضربون
هي
تضرب
هما
تضربان
هن
يضربن
|
أنت
تضرب
أنتما
تضربان
أنتم
تضربون
أنتِ
تضربين
أنتما
تضربان
أنتنّ
تضربن
|
أنا أضرب
نحن نضرب
|
وزن ثلاثى مجرد
·
فعَل – يفعُل
·
فعَل – يفعِل
·
فعَل - يفعَل
·
فعِل – يفعَل
·
فعُل – يفعُل
·
فعِل – يفعِل
وزن فعل المضارع
·
يفعَل يفتَح، يمنَع
·
يفعِل يضرِب
·
يفعُل ينصُر،
يكتُب
Tashrif fi’il Mudhari’
Subjek
|
Penambahan
|
Contoh
|
Arti
|
|
belakang
|
Depan
|
|||
هُوَ
|
-
|
يَ
|
يَجْلِس
|
Dia (lk)(1)
sedang duduk
|
هُمَا
|
انِ
|
يَ
|
يَجْلِسَانِ
|
Dia (lk)(2)
sedang duduk
|
هُمْ
|
وْنَ
|
يَ
|
يجْلِسُوْنَ
|
Mereka (lk)
sedang duduk
|
هِيَ
|
-
|
تَ
|
تَجْلِسُ
|
Dia (pr)(1)
sedang duduk
|
هُمَا
|
انِ
|
تَ |
تَجْلِسَانِ |
Dia (pr)(2)
sedang duduk
|
هُنَّ
|
ْنَ
|
يَ
|
يجْلِسْنَ
|
Mereka (pr)
sedang duduk
|
أَنْتَ
|
-
|
تَ
|
تَجْلِسُ
|
Kamu (lk)(1)
sedang duduk
|
أَنْتُمَا
|
انِ
|
تَ
|
تَجْلِسَانِ
|
Kamu (lk)(2)
sedang duduk
|
أَنْتُمْ
|
وْنَ
|
تَ
|
تَجْلِسُوْنَ
|
Kalian (lk)
sedang duduk
|
أَنْتِ
|
يْنَ
|
تَ
|
تَجْلِسِيْنَ
|
Kamu (pr)(1)
sedang duduk
|
أَنْتُمَا
|
انِ
|
تَ
|
تَجْلَسَانِ
|
Kamu (pr)(2)
sedang duduk
|
أَنْتُنَّ
|
ْنَ
|
تَ
|
تَجْلِسْنَ
|
Kalian (pr)
sedang duduk
|
أَنَا
|
-
|
أَ
|
أَجْلِسُ
|
Saya sedang
duduk
|
نَحْنُ
|
-
|
نَ
|
نَجْلِسُ
|
Kami/kita sedang
duduk
|
1 komentar:
Thanks a lot for this paper it's so useful for me
Posting Komentar